Saturday, September 27, 2014

컵라면+삼각김밥

My dormitory's cafeteria doesn't serve dinner on Saturdays. Usually I go out eat with my friends somewhere, but due to my money-emergency, I need to find the cheapest (and probably free) food for dinner. Buying a ramen is a cheap way but I have indigestion problem so I can't eat only noodles. I need to eat a small amount of rice too. So today I made the dinner idea that's been hanging in my mind for weeks: 

Ramen Cup + Onigiri!
컵라면 + 삼각김밥


This is probably the easiest meal to make, you know, second after boiling the cup ramen itself. And it's a lot cheaper then eating out in a restaurant. I bought CU's cheese flavored Odari Ramen and SPAM Onigiri with total 1,900. It's a perfect meal to make in days when you don't feel like going out or a little short on cash. Here's how I did it:





First I boiled the ramen like usual, but I didn't put the seasonings in because I wasn't going to eat it with the water. Then I covered the cup and left it for about 4 minutes to let the noodles expand. While waiting I refilled my empty water jar so I could drink right after I finish eating the whole thing.




After 4 minutes, I strained it so the cup was filled with only the cooked (but not soggy) noodles. Then I put in the seasonings which came in two different packagings. I was kinda hoping there would be a quick melt sliced cheese inside, but yeah it was only a cheese flavored powder. 




Then I mixed them all with the provided chopsticks. It was a little bit difficult because of the powder seasonings, so maybe using a fork is a better option if you're not used to chopsticks. I had to stir the noodles around for a couple of times to see and make sure the seasonings are mixed well.




This is the onigiri I was talking about! It's not really an onigiri, we call it the triangle-shaped kimbab here. I chose the Spam one, just because it's so much better than the usual ones! Lol. I heated it for about 20 seconds, because if it's too cooked the seaweed will be soggy. But I heated it when I was still at the store before heading back to my dorm, so by the time I arrived it was a little bit soggy.




A lot of people don't know how to open the onigiri wrapping. If you look at the wrapping, there are numbers on every corner from 1 to 3. Number 1 is on the top, there is a little part of the plastic that you can hold and pull it downwards. It will divide the plastic into two parts, right and left, with a small line. Pull it until you get to the first point on the back side and it got off completely. Then while holding the left part with your left hand, grab the point on the right with your right hand then just pull it. Same goes to the left part. There you go, you don't have to make your hands dirty by opening the whole wrapping and losing the seaweed :)



Because my onigiri was a little soggy, I needed to use a spoon instead of my chopsticks to mix the rice and the noodles. It was difficult because the seaweed couldn't be torn, but the rice mixed pretty well after a couple times of stirring around. I made it with my noodles long, but I think it would be easier if I smashed the ramen a little bit before I boil it with hot water.




As result, it tasted reaaaalllyyy good. I definitely will make this again, but I'm gonna use a lot of different ramens to see which tastes the best!

Thursday, September 25, 2014

Kangen Jajanan SD



Lagi kangen berat makanin mi remes sama makaroni, akhirnya keinget semua jajanan pas masih SD. Disaat uang jajan berkisar antara 500 sampe seribu perak. Disaat minta jemputan jajanin karena lupa minta uang jajan ke nyokap. Disaat jajanan yang dipilih menjadi penanda status kegaulan di sekolah.

Dulu gue SD di Santa Ursula BSD, jaman itu kantin sekolah gue belom jualan makanan berat kea bakso dan nasi goreng. Semua makanan-makanan kecil doang. Ini beberapa jajanan paling fenomenal selama gue kelas 1 sampe 6 SD.


1. Es Mony
Bentuknya itu yang gaul banget. Kalo beli satu pack, nyusunnya di kulkas gak boleh asal taroh. Harus di tumpuk-tumpuk biar bagus gitu bentuk kipas. Biasanya di selang-seling juga narohnya. Jeruk-anggur-jeruk-anggur-jeruk. Makannya harus dipotong bagian atasnya. Biasanya sih gue dulu dipotong semua dari ujung ke ujung terus abis dipotong itu dimasukkin mulut semua lobangnya biar gak ada yang netes. Ntar pas uda mau abis mulutnya jadi perih-perih sakit gitu karena bungkusnya kelebaran buat mulut anak kecil.


2. Pez
Ini gak tau apaan tapi gaul bangeeeettttttt. Mahal di mainannya doang. Kata temen gue dulu sih jadi ini caranya permen-permennya dimasukin ke mainan itu. Jadi kea tempat permennya gitu. Cuma gue engga pernah ngerti caranya jadinya gue cuma makanin permennya trus koleksi mainannya.


3. Es Lilin
Siapa yang gak ada jualan es lilin di SDnya? Kasian banget. Penjualnya es lilin di sekolah gue itu misterius, gak ada yang pernah liat sama yang jual apalagi kenal. Pas kita keluar bubaran sekolah, itu cool box bentuk gentong itu uda ada di depan SD dan nggak lupa pasti ada partnernya yaitu toples kecil buat anak-anak bayar esnya. Di atas toplesnya ada tulisan ES LILIN- Rp 500,-. Nggak pernah ada yang nyuri loh. Semua anak-anak bayar pake gopean, kalopun kembalian juga ngambilnya jujur.


4. Coklat Payung
Seinget gue sih ini coklat rasanya engga enak ya tapi bentuknya fancy banget jadi semua anak harus punya dan doyan.


5. Anak Mas
Yaowoooo ini mi remes enak bener. Rasa bumbunya itu lho, asin bikin sedep. Harganya juga gopean kalo gak salah ya. Terus ada dua macem rasa, apa sama apa gitu. Di kantin sekolah gue dulu yang paling cepet abis itu ya mi remes ini.


6. JetZ
Yang coklat aneh banget rasanya, tapi karena semua temen gue doyan jadi gue juga doyan. Rada mahal sih, jadi gue juga agak jarang beli.


7. White Rabbit
Ini enak dan nagih banget. Apalagi unik banget kertasnya bisa dimakan. Pas pertama kali makan, gue berusaha kupas kertasnya. Trus temen gue kayak, "ih Gaby itu gak usa dilepas bisa dimakan kok. Cobain deh," tapi gue nggak percaya mereka. Gue takut keselek kertas dan mati. Sampe akhirnya ada salah satu dari mereka yang buka permen baru dan nyontohin ke gue kalo itu dimakan sama kertasnya baru akhirnya gue ikutin. Ini permen empuk-empuk keras, gue kalo ngunyah susah gitu setengah mati awalnya, apalagi kalo sambil ngobrol ama temen suka nyaris-nyaris ngeces.


8. Mie Remez ABC
Sama aja kea Anak Mas malah lebih mahal, tapi Mie Remez baru terkenal setelah Anak Mas uda gak terlalu eksis jadi ini laku juga. Gue inget iklannya nge hits banget di TV, setiap orangnya gigit minya, bungkus mi yang dia pegang kea ngeluarin garis-garis zigzag gitu tanda minya bener-bener KREMEZ.


9. Makaroni
Sekarang masih banyak dijual dimana-mana, bahkan makin banyak online shop yang jual cemilan-cemilan kea makaroni dan lidi. Tapi yang namanya makanin ginian di sekolahan emang lebih seru dan mengena di hati. Dari isinya banyak harga gope, sampe terakhir gue beli sekitar 2 bulan lalu, bungkusnya kecil banget trus harganya 3 ribu perak.


10. Lidi
Ini pacarnya si makaroni. Abis kelar makan banyak lidi gitu biasa langit-langit mulutnya ada beberapa spot yang sakit karena ketusuk, trus giginya agak pegel-pegel gimanaaaa gitu. Yang pedes sabi sih tapi karena dulu gue jajan setiap pulang sekolah doang dan minum gue pasti uda abis, gue selalu beli yang asin. Kalo yang asin uda abis, akhirnya beli yang pedes tapi sebelom dimakan di lap dulu pake tisu biar gak pedes-pedes banget.


11. Coklat Eyeglasses
Gue nggak pernah tau namanya Eyeglasses gue selalu sebutnya Permen 8. Di kelas gue dulu kalo punya banyak terus dipegang-pegang gitu bunyinya jadi berisik tapi nggemesin. Kalo uda berisik gitu, sekelas tau deh kalo kita hari itu adalah juragan permen 8. Pas istirahat semua ngantri kea minta sumbangan. Satu orang boleh minta satu dengan warna pilihan dia. Besoknya, ganti orang yang jadi juragan. Gitu terus.