Sunday, October 27, 2013

Lesson Noted: Always Bring Cash!

Janjian pergi makan jam 11, gue baru bangun jam 11. Pas bangun ternyata udah dicariin dan ditungguin di lobby dorm, huaaa nggak sempet deh merem melek dulu. Langsung lompat mandi siap-siap. Pas turun langsung jalan, nggak mikir perlu ambil uang di ATM dulu ato enggak. Ketawa ketiwi jalan ke subway station, isi ulang kartu. Pas lagi antri, tiba-tiba Ito sama Rangga ngomong, "berapa sih ongkosnya PP?" "Hmm, dua ribu tiga ribu tambah tiga ratus tambah itu.. ceban lah."

TET TERERET.

Apakah saya punya sepuluh ribu? Ternyata tidak, saudara-saudara. Saya cuma punya selembar lima ribu rupiah.

"Yaudalah," kata Rangga. "Nanti pulangnya isi lagi aja ongkosnya." Mikir pasti ada ATM di tempat tujuan, jadi tenang dikit. Naiklah kita subway ke arah Yangsan. Kita mau makan makanan indonesia di Gimhae, jauuuuhhhh banget. Harus turun di interchange Sasang, naik monorail sampe Buwon, trus naik bus sampe tempatnya. Udah satu setengah jam perjalanan nih, udah di monorail, ngobrol sama Andrew.

"Ndru, jauh amat yak tempatnya. Gue udah mulai mabok darat nih."
"Iya nih memang. Abisnya pindah region sih."
"Loh emangnya Gimhae itu nggak termasuk kota Busan? (tempat tinggal kita saat ini)"
"Dia itu district sendiri. Makanya nggak ada Busan Bank disana (satu-satunya ATM gue)."
"HAH nggak ada Busan Bank? Sama sekali?"
"Nggak ada.."

Panik mulai menyerang. Nyeseeeeell banget nggak pernah sedia uang di dompet. Selalu ambil ngepas dan kalo butuh doang. Nggak mungkin balik ambil duit, nggak mungkin juga sampe sana nggak makan. Dan yang bikin panik lagi, berarti gue nggak bisa pulang dong, nggak bisa isi ulang kartu transport. Mampus mampus mampus mampus mampus.

Tapi masi pura-pura cool.

Udah sampe di halte bus, gue bilang ke Richard. "Gue nggak punya cash lho." Dia tersenyum lebar, "trus lu mau makan pake apa? Kita semua cuma bawa pas ceban-ceban." Makin takut lagi kan jadinya. Mana gue kemaren masi ngutang Rangga 2 ribu. Sering deh gue ngutang Rangga. Kan nggak enak masa mau ngutang lagi.

Udah sampe tempatnya, karena laper lupa sama kekurangan duitnya. Masuk ke restoran kecil tersembunyi namanya Warung Pojok. Ternyata yang punya itu orang Korea tapi pernah tinggal di Indonesia lama. Jenis makanannya kea warteg gitu, cuma ini kita ambil sendiri semuanya, dari nasi sampe lauknya. Suka-suka dah sana. Gue antri paling belakang, si Ito ambil semua-muanya, Richard ambil banyak banget, Rangga juga ambil lumayan. Gue dalem hati mikir, gila nggak mahal apa kea gitu makannya. Pas gue ngambil lauk, gue ambil secukupnya. Rendang sepotong aja, minya dikit aja, risolnya satu aja, satenya satu aja. Yang penting ambil sambel banyak sama kuahin sampe banjir. Gue udah inget-ingetin tuh apa yang gue ambil buat nanti bayarnya.



Ambil teh botol sosro, makan. Tengah-tengah makan kaget keinget duit.
"Ko ini bisa pake kartu nggak sih?"
Richard ngangguk, "bisa kok bisa."
"Yakin lu?"
"Iya bisa."
"Busan Bank loh."
"Bisa bawel."
"Tapi disini kan bukan Busan."
"Lu coba aja sana!"
"Iya, iya."

Pas udah mau kelar makan, si Richard ngambil lele goreng. Gue nggak pernah makan lele sebelomnya, nyoba dikit. Enaaakk ternyata. Pas udah abis, gue masi pengen. Dia suru gue ambil lagi cuma gue dalem hati mikir "yah mahal ah, yauda sabar aja nanti sampe Indo baru makan lele."

Pas bayar, gue paling terakhir. Tapi kok orang-orang bayar cepet banget pada nggak nyebutin apa aja yang dimakan ya? "Ko ini makannya makan apa sih tadi?" "Makan biasa." "Hah yang mana sih makan biasa itu berapa?" "Ini kan makan suka-suka gab, sepuasnya."

WATDEFAK! Jadi, gue bayar 6000 won cuma buat segitu????? GIMME BACK MY LELEEHHH!!! Kesel banget pas bayar, sampe luar masi ngomel-ngomel karena gue nggak tau itu makan sepuasnya.

"Lah Gab tadi kan gue sempet nanya ke Richard ini boleh bolak balik ngambil ato cuma sekali," kata Ito.
"Gue nggak denger lu nanya gitu..."

"Gue dari pertama bilang ini prasmanan gitu," kata Rangga.
"Gue nggak tau arti prasmanan!!!!"

 MY LELE.........

Baliknya dari sana kita naik bus sampe Lotte Mall di Busan. Lumayan jauh, tapi ternyata kartu transport gue masih cukup buat bayar busnya. Abis liat-liat Lotte Mall, pindah ke H&M mau liat-liat sweater katanya banyak diskon. Yah elah yang diskon mah jelek-jelek terus baju-baju summer. Mengingat saldo yang sebenernya sedikit banget jadi cari yang murah aja deh. Nggak nemu, cari lagi lagi lagi akhirnya beli dua kemeja summer gara-gara malu daritadi nyoba masa nggak ada yang diambil. Yaudalah diskon ini. Kalo sekarang dipikir sih nggak murah. Tapi tadi keliatan murah. Hmmmm.



Udah jam 6, mau ke Gwangalli nonton firework festival. Rangga, Andrew sama Robin udah pulang, jadi sekarang tinggal gue, Ito ama Richard. Ito naek, tap kartu, "terima kasih." Richard naek, tap kartu, "terima kasih". Gue naek, tap kartu, "saldo Anda tidak mencukupi." Ea satu bus tau uang gue kurang.

Busnya jalan tapi supirnya ngeliatin gue melulu. Ito tap kartu dia nggak bisa cuma bisa dipake satu orang. Akhirnya Richard kasi gue dua ribu huhuhu baik sekali. Kalo nggak gue jalan kaki pulang.

Sampe di Gwangalli, rame bangettttttt. Satu setengah juta orang yang dateng. Nggak dapet tempat duduk jadi sepanjang nunggu mulai plus nontonnya sekitar 50 menit itu berdiri, pegel banget. Mana diserobot-serobot, harus bertahan sekuat tenaga. Kiri depan kanan semua pacaran ciuman-ciuman bikin galau pengen gue jotos. Rasanya males banget, capek pengen pulang. Tapi begitu mulai langsung seneng, ternyata bagus banget. 50 menit nggak berasa deh. Baguuuussssss banget. Diputer lagu-lagu dramatis yang cocok juga jadi makin bagus, kea Skyfall gitu. Taun depan harus dateng lagi.





Pulangnya, jalan kakiiiii sampe rumah. Nggak punya uang buat makan lagi, untung aja nggak terlalu laper dan  dibolehin nyomot-nyomot makanannya Ito sama Richard. Kaki pegel sakit setengah mati. Batere abis, nggak bisa nyariin pacar. Capeeekkkk.

No comments:

Post a Comment